fbpx
ilustrasi-thr | Graha Permata Group

4 Tips Beli Rumah Dengan Uang THR. Cicilan Jadi Lebih Ringan!

Jangan langsung habiskan uang THR sekaligus, dananya lebih baik dipakai untuk membeli rumah impian. Bagaimana tips memanfaatkannya? Ikuti pada panduan membeli rumah menggunakan uang THR berikut ini!

Tidak terasa, minggu depan kita sudah akan menyambut Hari Raya Idul Fitri yang dinanti- nanti umat Islam. Tidak hanya memperingati kemenangan atas perjuangan sebulan penuh menahan hawa nafsu, terdapat satu perihal lagi yang ditunggu dikala Lebaran. Apa itu? Pasti saja uang Tunjangan Hari Raya ataupun THR!

Uang THR umumnya dibagikan para industri 1 atau 2 minggu saat sebelum hari raya. Dana tersebut leluasa digunakan untuk keperluan Lebaran, semacam pakaian baru, membeli kue, ataupun berbagi bersama yang kurang beruntung. Tetapi, tidak hanya keperluan Lebaran, kalianpun dapat menggunakan uang THR untuk keperluan pokok, seperti membeli rumah. Penasaran gimana tipsnya?

Ayo, kita bahas bersama pada panduan membeli rumah memakai uang THR berikut ini!

Tips Membeli Rumah Pakai Uang THR. Apa Saja yang Bisa Kita Lakukan?

  1. Dimanfaatkan untuk DP

    ilustrasi-mengumpulkan-DP | Graha Permata GroupTips membeli rumah menggunakan uang THR pertama ini dikhususkan bagi kamu yang baru memasuki tahap awal pembelian rumah.

    Seperti yang kita tahu, untuk membeli sebuah hunian, kita memerlukan Down Payment (DP), atau uang muka. DP yang diberikan berfungsi sebagai uang jaminan sekaligus meringankan cicilan kredit ke depannya. Semakin besar uang muka yang kamu berikan, semakin ringan juga cicilan yang akan dibayarkan.

    Nah, uang THR yang kamu dapatkan bisa disisihkan untuk mengumpulkan DP rumah. Namun, sebelum dipisahkan, pastikan kamu sudah menghitung persenan untuk kebutuhan lainnya juga. Besaran yang tepat adalah 50-60% dari uang THR. Walaupun jumlahnya tidak begitu besar, dana ini akan tetap meringankan cicilan.

  2. Dimanfaatkan untuk Cicilan Kredit

    Uang THR juga bisa kamu manfaatkan sebagai dana cicilan kredit rumah. Sesuaikan dengan kebutuhan cicilan. Apabila angsuran bulan ini belum dibayar, comot setengah uang THR dan pakai untuk membayar cicilan.

    Apabila kamu sudah membayar cicilan kredit rumah bulan ini, simpan sisihan uang THR untuk cicilan berikutnya. Trik ini akan membantu kamu memotong jumlah cicilan per bulan selama masa tenor berlangsung. Uang yang dipotong bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan primer atau sekunder lainnya.
    Lebih ringan, ‘kan?

  3. Gunakan untuk Melunasi Utang

    Mencicil rumah merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Angsuran KPR yang dibebankan harus dibayar tepat waktu. Kalau tidak, kamu bisa menerima sanksi dari bank atau developer. Tentu saja kita tidak mau hal tersebut terjadi.

    Hal tersebut biasanya terjadi karena beratnya uang cicilan atau keperluan membayar yang lain, seperti utang. Seharusnya, sebelum membeli rumah, kita harus memastikan semua perihal piutang sudah lunas agar cicilan tidak berat.

    Namun, pada beberapa kasus, kita justru mau tidak mau harus mengutang demi mendapatkan dana untuk membeli rumah. Apabila kamu mengalami masalah yang sama, kamu bisa menggunakan uang THR untuk melunasi utang.

    Tips membeli rumah ini mungkin terlihat remeh. Akan tetapi, jika utang sudah terbayar lunas, cicilan rumah dijamin lebih ringan, deh!

  4. Kembangkan Jadi Investasi

    ilustrasi-investasi | Graha Permata GroupTips memanfaatkan uang THR untuk membeli rumah selanjutnya adalah untuk mengembangkan investasi. Semisal uang cicilan KPR sudah lunas dan kamu tidak mempunyai beban utang, uang THR lebih baik dipakai untuk investasi properti. Namun, kamu tetap harus memastikan bahwa kondisi keuangan kamu sudah stabil dan cukup aman sebelum terjun ke bidang ini.

    Investasi properti akan membantu kamu menabung untuk masa depan yang lebih cerah. Ada banyak jenis investasi properti yang bisa kamu pilih, mulai dari sewa rumah, kos-kosan, apartemen, atau ruko.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya. Jangan lupa pantau terus artikel menarik lainnya di Berita Graha Permata Group.